tech history image
info icon

tech history

Written by

Ibam Arafi

208 words

Kita tidak akan pernah mengira, legacy semacam apa yang dihasilkan sebuah temuan dihari ini untuk masa depan. 

Teletext system ditemukan diawal 70's, dan dipatenkan oleh BBC yang dikenal dengan nama Ceefax (see facts). Walaupun Ceefax lahir di era pre-internet, tapi Twitter, Telegram, Whatsapp - you name it, semua berhutang budi oleh satu sistem text based broadcast tersebut. Satu sistem text broadcast digital pertama yang lahir dimuka bumi.

Dijaman itu, temuan ini menjadi katalis dari perkembangan jurnalistik dan advertising karena dapat menyiarkan berita secara langsung ke setiap rumah yang memiliki televisi. 

Dijaman itu pula, setiap tulisan/konten yang disiarkan memiliki asupan yang sangat bertangung jawab. Selain mahal, mereka sadar akan nilai dan respon dari orang-orang yang membacanya - text bukan hanya tulisan yang kemudian mudah dilupakan. 

Mereka menghargai dan menilai teknologi sebagai sesuatu yang serius karena lahir dari intelektualitas dan perjuangan yang panjang.

Dijaman ini, mungkin selalu ada hal baru yg lahir setiap hari. Teknologi sudah bukan lagi menjadi bahasan yang mengerikan. Kita biasa melihat tulisan-tulisan di media sosial yang mem-bully, mencaci, meledek, menipu, dll. Apa yang terjadi? Apa yang hilang dari era awal teletext? What's the take on this one?

Yang pasti, teknologinya tidak pernah salah, teknologinya tidak pernah berhianat. #enamdua
 

EssayHistory
7 Oktober 2022
Link Copied